" Hanyalah sebuah catatan kecil perjalanan menikmati coretan-coretan tuhan di alam ini.. dan sesungguhnya keindahan itu teramat sulit untuk dilupakan.. "

xplor wayang cave

pagi itu.. kami para caver kmpa (gue, cus dan wulan) janji berangkat dari sel dengan tujuan rumah koko yang di bogor jam delapaN!! oh,ternyata cuma issue semata.. yah mungkin kita sudah terjangkit virus molor GH kali yah (bukan meler yo..) , jadi baru berangkat dari sel jam 10. rencananya keT4 koko dulu dibogor bwt ambil mobil biar perjalanan kita ga perlu ngeteng2 biar bisa sampe ke daerah cisolok, banten selatan sana. kita foto dulu nih didepan gerbang ITB.. yang ada jamnya biar klo orang liat foto ini tahu kami berangkat dari kampus jam berapa..

dari ki ke ka : gue, wulan dan cus

kita naek bus menuju kota hujan via tol dan ternyata 3 jam kemudian kami sudah sampai di terminal bogor. Jam 2 siang kita sampai rumah koko.. isoma ampe jam setengah 4, awalnya kita mau langsung cabs beli belanjaan trus langsung ke cisolok.. Cuma berhubung cuaca hujan deras sekali dan bundanya koko terlihat masih kangen ma anaknya dan menyarankan kami biar berangkat esok subuh saja.. setelah kita berembug akhirnya kita putuskan mengikuti usulan ibunda koko..

malemnya kita belanja disupermarket.. belanja makanan, minuman, buah2an, kopi, plastik sampel, dll..setelah itu kita keliling2 kota bogor dimalam hari, liat2 kebun raya bogor, liat2 IPB botani center, dll.. trus pulang kerumah koko, rupanya makanan sudah menanti disana, lansung saja kami melahapnya, terima kasih bunda.. >> ni foto kita bawa belanjaan pas baru keluar dari mall..

esoknya, 8 maret 2008.. usai solat subuh, kita cabs dari t4nya koko dengan pamit terlebih dahulu dengan keluarganya ko2 setelah ngebungkus nasi buat sarapan kita.. perjalanan pagi itu indah sekali,, bukit2 karst, gunung halimun, kebun teh, pantai dll kami lewati. jam setengah sembilan kita sampai desa t4 lokasi yang dituju,, kita sarapan, prepare dan jam 9 tepat kita mulai bergerak menuju lokasi target..

>> pemandangan pelabuhan ratu dari atas

tak ayal, rupanya cus lupa jalannya (dulu dy yang survei lokasi bareng baim).. setelah lama muter2 akhirnya ada pemuda setempat bersedia mengantarkan kami..namun ternyata perjalanan menuju goa wayang tidak semudah yang aku kira.. kita mesti naik turun bukit,, nyusurin su ngai, lewati sawah, nyebrang sungai (arusnya deras amat)… dan kita mengalamin kejadian yang ampe sekarang ga pernah gue lupain.. saat nyebrang sungai.. awalnya ko2 dan pemuda itu nyebrang duluan.. kami percayalah anak orad geto.. trus kita pake webbing biar aman.

Aku pegang disisi sini,, koko disisi sungai sebelah.. nah itu sayannya pendek amat webbingnya jadi Cuma bisa dipegang doank ama kita.. eh pas wulan nyebrang, pas ditengah2 sungai tepat.. ternyata arusny kencang amat.. dy terbawa arus.. aku dengan sekuat tenaga menarik webbing itu sampai pada limit kemampuanku.. untungnya cuss datang pada saat yang tepat.. klo dy telat datang 5 detik saja,, kayaknya gw dah lepasin itu webbing.. dan mungkin temanku yang paling anggun itu akan terbawa arus sungai.. untung,,,

abis cus nyebrang , trus giliran gue nyebrang.. gw Cuma pegang satu sisi webbing saja karena orang terakhir.. oh ternyata aku pun terseret ombak.. dan aku sadar dikantong jamerku ada kamera kan2 dan Hpnya koko.. wah gimana donk?? Aku langsung ganti posisi berbaring mengadah keatas sambil tetap berenang ke tepi.. pas nyampe tepi, aku buka jaketku.. dan langsung kukeluarkan semuanya dan kubuka batrenya juga.. (untungnya kamera kanya baik2 saja, namun HP ko2 basah>> esoknya tapi dah sembuh lagi, untung ga jadi ganti..)

yah.. jam setengah 2 kita baru sampe lokasi.. kita langsung buat api, minuman hangat, dan makan biskuit dan buah2an makanan siang kami di enterence sambil ngukur bentuk dan dimensi enterence.. maknyoss untuk menetrakan suhu badan kami yang kedinginan tadi.. cuaca saat itu gerimis.. setengah 3 teng kita mulai mapping..

ini dia para caver sedang beraksi

aku shooter, sicuss stasioner merangkap fotografer penangkap biota, dan wulan descriptor.. ampe stasion 3 ada percabangan kekanan dan lurus kebawah.. kita ambil cabang kanan dulu namun Cuma ampe stasion 7 mentok… trus balik lagi kita ke stasion 3 lanjutin yang ke arah bawah.. hingga stasion 11 kita nemuin sungai bawah tanah nan luas namun berlumpur.. waow!! Selanjutnya Cuma aku dan cuss yang mapping.. siwulan nunggu distasion ini karena untuk menuju sungai itu perlu merangkak di bawah lumpur.. dan dia merasa kesulitan melewatinya.. sungai bawah tanah ini cukup lebar, kira2 5 meter dan tinggi airnya selututku.. kita bedua arungi sungai tersebut sambil mapping dan foto2 tentunya,,ternyata luas juga dan panjang.. dah sekitar 200 meter kita mapping belum ketemu jug ujung dr sungai bawah tanah ini.. sesaat aku lihat jam dan waktu itu sudah pukul 4.15.

trus kita bedua mutusin cuma cukup xplore ampe disini melihat waktu sudah sore dan didinding terlihat bekas muka air sungai itu setinggi dada kami, kami takut klo2 air disungai bawah tanah ini berasal dari sungai yang diluar dan kondisi diluar sedang hujan.. yah kita cabs padahal dalam hati kecilku masih penasaran tentang ujung dari lorong bumi ini.. hiks.. selain mapping kita juga data biota juga loh.. ini salah satu biota yang tertangkap kamera

nyampe dienterence kopi hangat sudah menunggu kami, sikoko dan pemuda tadi sedang asik ngobrol diperapian.. setelah beres2 jam 5 kurang 15 sore hari itu kita bergegas pulang… ditengah jalan
kita ketemu tim yang nyusul,, baim, berry, kanya dan doncoy!! Dikira mereka kita bakal ngecamp dimulut goa tadi.. padahal kita kan ga bawa tenda, ditinggal dimobil tadi.. yah kita putusin balik lagi kedesa..

setelah beres2, mandi, solat,, kita evaluasi disalah satu rumah penduduk … suasana evaluasi awalnya tentram trus tiba2 langsung serius.. si berry dan doncoy memainkan peranannya sebagai bad boy dengan sangat baik.. hanya koko yang ikut bersama kami yang bisa menyelamatkan kami dari ganasnya pertanyaan-pertanyaan mereka.. namun sebenarnya satu keahlian ilmu kami yang paling menentukan saat itu.. yah,, ilmu ngeles.. hahahaha….

Abis evaluasi kita cabs.. nyampe dipelabuhan ratu kita mampir dulu dipondok seafood setelah sebelumnya kita kita2 berhasil bermain-main emosi dengan berry dan doncoy agar mau ntraktir makan malam.. hehehe.. misi kita berhasil lagi dan malam itu kita makan ikan besar sekali, cumi, cah kangkung, dll.. sambil merebahkan lelah disana..

Jam 11an. Doncoy,berry dan kanya cabut duluan kebandung biar bisa balikin mobil subuh2.. mobil sewaan.. kita lalu cabs tepat tengah malem menuju bogor.. dan menginap ditempanya koko lagi.. esoknya jam 10 kita cabs naek bus menuju bandung dan nyampe sore harinya disel..

Wayang cave.. see u next.. u’re so beautiful..